PERAN KEPALA SEKOLAH
SEBAGAI PEMIMPIN SATUAN PENDIDIKAN
1)
Sebagai
pelaksana (executive)
Seorang pemimpin tidak boleh memaksakan kehendak sendiri terhadap
kelompoknya. Ia harus berusaha memenuhi kehendak dan kebutuhan kelompoknya,
juga program atau rencana yang telah ditetapkan bersama
2)
Sebagai
perencana (planner)
Sebagai kepala sekolah yang baik harus pandai membuat dan menyusun
perencanaan, sehingga segala sesuatu yang akan diperbuatnya bukan secara
sembarangan saja, tatapi segala tindakan diperhitungkan dan bertujuan.
3)
Sebagai
seorang ahli (expert)
Ia haruslah mempunyai keahlian terutama yang berhubungan dengan tugas
jabatan kepemimpinan yang dipegangnya.
Mengawasi hubungan antara anggota-anggota kelompok (contoller of internal
relationship)
Menjaga jangan sampai terjadi perselisihan dan berusaha mambangun hubungan
yang harmonis.
Mewakili kelompok (group representative)
Ia harus menyadari, bahwa baik buruk tindakannya di luar kelompoknya
mencerminkan baik buruk kelompok yang dipimpinnya.
Bertindak sebagai pemberi ganjaran / pujian dan hukuman.
Ia harus membesarkan hati anggota-anggota yang bekerja dan banyak sumbangan
terhadap kelompoknya.
Bertindak sebagai wasit dan penengah (arbitrator and modiator)
Dalam menyelesaikan perselisihan atau menerima pengaduan antara
anggota-anggotanya ia harus dapat bertindak tegas, tidak pilih kasih atau
mementingkan salah satu anggotanya.
Pemegang tanggung jawab para anggota kelompoknya
Ia haruslah bertanggung jawab terhadap perbuatan-perbuatan
anggota-anggotanya yang dilakukan atas nama kelompoknya.
4)
Sebagai
pencipta/memiliki cita-cita (idiologist)
Seorang pemimpin hendaknya mempunyai kosepsi yang baik dan realistis,
sehingga dalam menjalankan kepemimpinannya mempunyai garis yang tegas menuju
kearah yang dicita-citakan.
Bertindak sebagai ayah (father figure)
Tindakan pemimpin terhadap anak buah/kelompoknya hendaknya mencerminkan
tindakan seorang ayah terhadap anak buahnya.
Apabila kita meneliti lebih lanjut, maka dapat kiranya apa yang dikemukakan
oleh Bapak Pendidikan kita “Ki Hadjar Dewantara”, mengatakan bahwa pemimpin
yang baik haruslah menjalankan peranan seperti : Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing
Madyo Mangun Karso, dan Ing Tut Wuri Handayani.
Dikutip dari:
Buku Pengantar Kepemimpinan
Pendidikan; Dirawat, 1986
Buku Administrasi Dan
Supervisi Pendidikan; Ngalim Purwanto,2002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar